Evaluasi Sistem Informasi Akademik Universitas Mercu Buana Yogyakarta Menggunakan UTAUT2
DOI:
https://doi.org/10.26486/jmai.v4i1.108Kata Kunci:
SIA UMBY, UTAUT2, SmartPLSAbstrak
Salah satu bentuk pengadopsian Teknologi Informasi (TI) perguruan tinggi adalah pada Sistem Informasi Akademik (SIA) di Universitas Mercu Buana Yogyakarta (UMB Yogyakarta). Setelah dilakukan beberapa kali perbaikan pada tahun 2016 dan 2017, pihak Direkorat ICT merasa perlu melakukan evaluasi SIA dengan tujuan untuk mengetahui tingkat penerimaan mahasiswa dalam penggunaan SIA pada UMB Yogyakarta agar menjadi landasan dalam pengembangan berikutnya. Salah satu model yang sesuai untuk evaluasi penerimaan pengguna terhadap teknologi adalah model yang dikembangkan oleh Venkatesh dkk pada tahun 2012 yang diberi nama Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). Alat uji yang digunakan pada penelitian ini adalah SPSS untuk uji validitas dan uji realibilitas, serta SmartPLS untuk pengujian akhir. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan, penelitian ini memiliki kesimpulan delapan dari sepuluh hipotesis diterima. Selanjutnya niat perilaku mahasiswa dan perilaku dalam penggunan SIA termasuk kategori sedang atau moderat. Selanjutnya niat perilaku mahasiswa dan perilaku dalam penggunan SIA termasuk kategori sedang atau moderat. Kata kunci: SIA UMB Yogyakarta; UTAUT2; SPSS; SmartPLS; Validitas; Reliabilitas.Unduhan
Data unduhan belum tersedia.
Referensi
Ain, N., Kaur, K. & Waheed, M., 2015. The influence of learning value on learning management system use: An extension of UTAUT2. [Online]
Available at: http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0266666915597546?journalCode=idva
Aliyadi, 2014. Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo), Yogyakarta: FTI UII Pascasarjana.
Chang, A., 2012. UTAUT AND UTAUT 2: A REVIEW AND AGENDA FOR FUTURE RESEARCH. Journal The WINNERS, pp. 106-114.
Christiono, A. T. & Tambotoh, J. J., 2014. Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Menggunakan Pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Studi Kasus : Flexible Learning (F-Learn) UKSW), Salatiga: s.n.
El-Masri, M. & Tarhini, A., 2017. Erratum to: Factors affecting the adoption of e-learning systems in Qatar and USA: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). [Online]
Available at: https://link.springer.com/article/10.1007/s11423-017-9526-1
Ghozali, I. & Latan, H., 2015. PARTIAL LEAST SQUARES Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.
Indrayani, E., 2013. Management of Academic Information System (AIS) at Higher Education in The City Of Bandung. ScienceDirect, pp. 628-636.
Jakkaew, P. & Hemrungrote, S., 2017. The Use of UTAUT2 Model for Understanding Student Perceptions Using Google Classroom: A Case Study of Introduction to Information Technology Course. [Online]
Available at: https://ieeexplore.ieee.org/document/7904962/
Kartikarini, R. D., 2013. Analisis Keberhasilan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Dengan Metode The Update Delone & McLean Is Success Model (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Ponorogo), Yogyakarta: FTI UII Pascasarjana.
Raman, A. & Don, Y., 2013. Preservice Teachers’ Acceptance of Learning Management Software: An Application of the UTAUT2 Model. International Education Studies, pp. 157-164.
S. Ruiz, M. O. L. S. M. S., 2018. A computational approach to partial least squares model inversion in the framework of the process analytical technology and quality by design initiatives. Chemometrics and Intelligent Laboratory Systems.
Saputra, A. S., 2017. EVALUASI PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM E-LEARNING JANABADRA DI UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Shaw, N. & Sergueeva, K., 2019. The non-monetary benefits of mobile commerce : Extending UTAUT2 with perceived value. International Journal of Information Management, pp. 44-55.
Tan, P. J. B., 2013. Applying the UTAUT to Understand Factors Affecting the Use of English E-Learning Websites in Taiwan. SAGE Open, pp. 1-12.
Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2017. Perbaikan SIA. [Online]
Available at: http://ict.mercubuana-yogya.ac.id/
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L. & Xu, X., 2013. CONSUMER ACCEPTANCE AND USE OF INFORMATION TECHNOLOGY: EXTENDING THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY. MIS Quarterly, Volume 36, pp. 157-178.
Available at: http://journals.sagepub.com/doi/abs/10.1177/0266666915597546?journalCode=idva
Aliyadi, 2014. Evaluasi Kualitas Layanan Sistem Informasi Akademik Dengan Metode Servqual (Studi Kasus Di Universitas Muhammadiyah Ponorogo), Yogyakarta: FTI UII Pascasarjana.
Chang, A., 2012. UTAUT AND UTAUT 2: A REVIEW AND AGENDA FOR FUTURE RESEARCH. Journal The WINNERS, pp. 106-114.
Christiono, A. T. & Tambotoh, J. J., 2014. Analisis Pemanfaatan Teknologi Informasi Menggunakan Pendekatan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (Studi Kasus : Flexible Learning (F-Learn) UKSW), Salatiga: s.n.
El-Masri, M. & Tarhini, A., 2017. Erratum to: Factors affecting the adoption of e-learning systems in Qatar and USA: Extending the Unified Theory of Acceptance and Use of Technology 2 (UTAUT2). [Online]
Available at: https://link.springer.com/article/10.1007/s11423-017-9526-1
Ghozali, I. & Latan, H., 2015. PARTIAL LEAST SQUARES Konsep, Teknik Dan Aplikasi Menggunakan Program SmartPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.
Indrayani, E., 2013. Management of Academic Information System (AIS) at Higher Education in The City Of Bandung. ScienceDirect, pp. 628-636.
Jakkaew, P. & Hemrungrote, S., 2017. The Use of UTAUT2 Model for Understanding Student Perceptions Using Google Classroom: A Case Study of Introduction to Information Technology Course. [Online]
Available at: https://ieeexplore.ieee.org/document/7904962/
Kartikarini, R. D., 2013. Analisis Keberhasilan Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) Dengan Metode The Update Delone & McLean Is Success Model (Studi Kasus : Universitas Muhammadiyah Ponorogo), Yogyakarta: FTI UII Pascasarjana.
Raman, A. & Don, Y., 2013. Preservice Teachers’ Acceptance of Learning Management Software: An Application of the UTAUT2 Model. International Education Studies, pp. 157-164.
S. Ruiz, M. O. L. S. M. S., 2018. A computational approach to partial least squares model inversion in the framework of the process analytical technology and quality by design initiatives. Chemometrics and Intelligent Laboratory Systems.
Saputra, A. S., 2017. EVALUASI PENERIMAAN PENGGUNA TERHADAP SISTEM E-LEARNING JANABADRA DI UNIVERSITAS JANABADRA YOGYAKARTA, Yogyakarta: Universitas Gadjah Mada.
Shaw, N. & Sergueeva, K., 2019. The non-monetary benefits of mobile commerce : Extending UTAUT2 with perceived value. International Journal of Information Management, pp. 44-55.
Tan, P. J. B., 2013. Applying the UTAUT to Understand Factors Affecting the Use of English E-Learning Websites in Taiwan. SAGE Open, pp. 1-12.
Universitas Mercu Buana Yogyakarta, 2017. Perbaikan SIA. [Online]
Available at: http://ict.mercubuana-yogya.ac.id/
Venkatesh, V., Thong, J. Y. L. & Xu, X., 2013. CONSUMER ACCEPTANCE AND USE OF INFORMATION TECHNOLOGY: EXTENDING THE UNIFIED THEORY OF ACCEPTANCE AND USE OF TECHNOLOGY. MIS Quarterly, Volume 36, pp. 157-178.
Unduhan
Diterbitkan
2020-04-21
Terbitan
Bagian
Articles