Identifikasi Personal Berdasarkan Geometri Citra Punggung Tangan Kiri Menggunakan Metode Learning Vector Quantization

Penulis

  • Muhammad Fandi Nurdiansyah Universitas Mercu Buana Yogykarta
  • Indah Susilawati Universitas Mercu Buana Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.26486/jmai.v2i1.66

Kata Kunci:

punngung tangan kiri, biometrika, hand geometry, LVQ

Abstrak

Geometri Tangan (Hand Geometry), merupakan biometrika yang relatif baru, yang memiliki karakteristik unik seperti lebar telapak tangan, luas tangan, dan panjang jari. Ukuran geometri tangan seseorang cenderung berbeda dengan tangan milik orang lain. Keunikan inilah yang merupakan ciri setiap tangan. Sistem identifikasi merupakan proses pencocokan citra punggung tangan kiri yang diuji dengan suatu citra punggung tangan kiri yang diklaim. Hasilnya adalah suatu keputusan apakah citra punggung tangan kiri yang diuji milik personal yang sah (genuine user) atau tidak sah (imposter user). Proses perhitungan ukuran panjang jari, lebar tangan, dan luas tangan memegang peranan penting terhadap keberhasilan identifikasi.Tujuan utama penelitian adalah pengembangan program identifikasi personal berdasarkan geometri citra punggung tangan kiri dengan menghitung luas tangan, lebar tangan, dan panjang jari. Panjang jari diperoleh dengan metode pencarian titik puncak jari. Untuk identifikasi geometri citra punggung tangan kiri dalam penelitian ini menggunakan Jaringan Syaraf Tiruan metode Learning Vector Quantization (LVQ). Metode ini akan menghitung jarak antara bobot awal dengan data pelatihan, sehingga pada akhir iterasi akan ditemukan bobot akhir untuk setiap kelas. Hasil pengujian menunjukkan bahwa keberhasilan identifikasi personal mencapai kinerja setinggi 85,71%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Ahmad, Usman. (2005). Pengolahan Citra Digital & Teknik Pemogramannya, Graha Ilmu Yogyakarta
Andari, R.A., (2014). Analisis Sistem Verifikasi Dengan Menggabungkan Biometrika Telapak Tangan dan Geometri Tangan, Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Komputer AMIKOM [skripsi], Yogyakarta.
Kadir, Abdul. (2013). Dasar Pengolahan Citra dengan Delphi, Penerbit Andi Yogyakarta
Kadir, Abdul. (2013). Teori dan Aplikasi Pengolahan Citra, Penerbit Andi Yogyakarta
Kusumadewi, Sri. Membangun Jaringan Syaraf Tiruan Menggunakan Matlab & Excel Link, Penerbit Graha Ilmu Yogyakarta.
Kusumadewi, Sri. (2003). Artificial Intellegence (Teknik dan Aplikasinya), Graha Ilmu Jogjakarta.
Munir, Rinaldi. (2004). Pengoahan Citra Digital dengan Pendekatan Algoritmik, Penerbit Informatika Bandung.
Perwitasari. (2012). Arsitektur LVQ. Diakses 21 Oktober 2014, dari: http://perwitasari-f-l-fst08.web.unair.ac.id/.
Prastyo, Eko. (2011). Pengolahan Citra Digitan dengan Aplikasinya menggunakan Matlab, Penerbit Andi Yogyakarta
Putra, Darma. (2009). Pengolahan Citra Digital, Penerbit Andi Yogyakarta
Resmana Lim, Santoso (2003). Verifikasi Personal Berdasarkan Bentuk Geometri Tangan dengan Metode Filter Gabor [skripsi], Universitas Kristen Petra, Surabaya.
Satriyanto, Edi; Mohammad Syafi’i; Ari Hanggara (2009), Penerapan LVQ Neural Network pada Absensi Jarak Jauh Menggunakan Geometri Tangan Secara Online [skripsi], Institut Teknologi Sepuluh November, Surabaya.
Siswanto, Antonius; Pernantin Tarigan, Fahmi (2003), Perancangan Sistem Verifikasi Biometrik Tangan Tanpa Kontak Dengan Ukuran Geometri Relatif [skripsi], Universitas Sumatera Utara, Medan.
Suprapto (2011), Pengenalan Geometri Tangan Dengan Metode Neural Network Kohonen SOM [skripsi], Pelita Teknologi, Tegal.
Susilawati, Indah (2014), Penentuan Diameter Buah Jeruk Menggunakan Pengolahan Citra Digital, Universitas Mercu Buana Yogyakarta, Yogyakarta, Jurnal ORBITH.
Wikipedia. (2014). Jaringan Syaraf Tiruan. Diakses 20 Oktober 2014, dari: http://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_saraf_tiruan.

Diterbitkan

2018-02-19